Sabtu, 15 Juni 2013

Mengapa kita tampak berbeda ?

Mengapa kita tampak berbeda ?
Tahukah kalian apa yang membuat kita tampak berbeda dengan orang lain ?ya, jawabannya adalah ras kita sendiri, ada lima ras utama manusia, ras tersebut adalah Ras Mongoloid, Ras Negroid, Ras Kaukasoid, Ras Australoid, dan Ras Khoisan. Mau tahu lebih jelas tentang ciri Ras tersebut ?let’s check this out




Ras Mongoloid

Spoilerfor MONGOLOID:


Ras Mongoloid adalah ras manusia yang sebagian besar menetap di Asia Utara, Asia
Timur, Asia Tenggara, Madagaskar di lepas pantai timur Afrika, beberapa bagian India
Timur Laut, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oseania.
Anggota ras Mongoloid biasa disebut "berkulit kuning", namun ini tidak selalu benar.Misalkan orang Indian di Amerika dianggap berkulit merah dan orang Asia Tenggaraseringkali berkulit coklat muda sampai coklat gelap.
Ciri khas utama anggota ras ini ialah
1.Rambut berwarna hitam yang lurus
2.Bercak mongol pada saat lahir
3.Lipatan pada mata yang seringkali disebut mata sipit.
4.Selain itu anggota ras manusia ini seringkali juga lebih kecil dan pendek
daripada ras Kaukasoid.


Ras Kaukasoid
Spoilerfor KAUKASOID:

Ras Kaukasoid adalah ras manusia yang sebagian besar menetap di Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan dan India Utara. Keturunan mereka juga menetap di Australia, Amerika Utara, sebagian dari Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Selandia Baru.
Anggota ras Kaukasoid biasa disebut "berkulit putih", namun ini tidak selalu benar. Oleh beberapa pakar misalkan orang Ethiopia dan orang Somalia dianggap termasuk ras Kaukasoid, meski mereka berambut keriting dan berkulit hitam, mirip dengan anggota ras Negroid. Namun mereka tengkoraknya lebih mirip tengkorak anggota ras Kaukasoid.


Ras Negroid
Spoilerfor NEGROID:

Spoilerfor NEGROID:

Ras Negroid adalah ras manusia yang terutama mendiami benua Afrika di sebelah selatan gurun Sahara. Keturunan mereka banyak mendiami Amerika Utara, Amerika Selatan dan juga Eropa serta Timur Tengah.
Ciri khas utama anggota ras negroid ini ialah kulit yang berwarna hitam dan rambut keriting. Meski begitu anggota ras Khoisan dan ras Australoid, meski berkulit hitam dan berambut keriting tidaklah termasuk ras manusia ini.



Ras Australoid

Spoilerfor AUSTRALOID:

Ras Australoid adalah nama ras manusia yang mendiami bagian selatan India, Sri Lanka, beberapa kelompok di Asia Tenggara, Papua, kepulauan Melanesia dan Australia.
Untuk kelompok di Asia Tenggara, orang Asli di Malaysia dan orang Negrito di Filipina termasuk ras ini. Sebelum Ras Mongoloid tiba di Nusantara, Ras Australoid merupakan ras dominan yang tersebar diseluruh pulau, samapi terdesak ke bagian timur Nusantara.
Ciri khas utama ras ini ialah bahwa mereka berambut keriting hitam dan berkulit hitam. Namun beberapa anggota ras ini di Australia berambut pirang dan rambutnya tidaklah keriting melainkan lurus. Selain itu beberapa orang Asli di Malaysia kulitnya juga tidak selalu hitam dan bahkan menjurus putih.



Ras khoisan
Spoilerfor KHOISAN:

Ras Khoisan adalah ras manusia yang mendiami daerah barat daya Afrika, terutama di Namibia, Botswana dan Afrika Selatan. Meski jumlah anggota ras ini tinggal beberapa ratus ribu, ras ini adalah ras yang sangat menarik sebab dianggap ras tertua atau cabang pertama yang berpisah dari ras utama manusia lainnya.
Varietas DNA ibu (mitochondrial DNA) sangat beragam. Meski begitu mereka tidaklah "lebih primitif" daripada manusia lainnya, dan apa itu mitochondrial DNA ?berikut merupakan penjelasan singkatnya


Mitocondrial DNA
DNA mitokondria (mtDNA) adalah DNA terletak di organel yang disebut mitokondria, struktur dalam seleukariotik yang mengkonversi energi kimia dari makanan menjadi bentuk yang dapat menggunakan sel,adenosin trifosfat (ATP). Sebagian besar DNA hadir dalam organisme eukariotik lainnya ditemukan dalam inti sel.
DNA mitokondria dapat dianggap sebagai kromosom terkecil, dan merupakan bagian penting pertama dari genom manusia yang akan diurutkan. Pada sebagian besar spesies, termasuk manusia, mtDNA diwariskanhanya dari ibu.
Urutan DNA dari mtDNA telah ditentukan dari sejumlah besar organisme dan individu (termasuk beberapaorganisme yang punah), dan perbandingan urutan DNA yang merupakan andalan filogenetik, dalam yang memungkinkan ahli biologi untuk menjelaskan hubungan evolusi di antara spesies . Hal ini jugamemungkinkan pemeriksaan keterkaitan populasi, dan sebagainya telah menjadi penting dalam antropologidan biologi lapangan.